Friday, April 1, 2016

Wanita Karir ?

Siapa sih yang tidak tau wanita karir?

Di era modern ini banyak wanita yang menginginkan dirinya untuk bekerja. Wanita karir adalah wanita yang menekuni sesuatu atau beberapa pekerjaan yang dilandasi oleh keahlian tertentu yang dimilikinya untuk mencapai suatu kemajuan dalam hidup, pekerjaan, atau jabatan. Namun bagaimana pandangan islam mengenai hal ini ?

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar marfu`an bahwa, "Wanita itu adalah aurat, bila dia keluar rumah, maka syetan menaikinya." (HR Tirmizy)
وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيراً
dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ta’atilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. (QS. Al-Ahzab ayat 33)

            Dengan begitu, apakah wanita tidak berhak untuk memiliki dan meraih cita-citanya ? Tidak ada yang melarang manusia untuk memiliki cita-cita dalam hidupnya, begitu juga dengan wanita. Wanita juga berhak memiliki cita-cita dan meraihnya. Akan tetapi bagi wanita yang telah menikah, mereka wajib meminta restu kepada sang suami apakah dia mengijinkan istrinya untuk bekerja atau tidak. Jika suami mengijinkan istrinya untuk bekerja, maka hukum istri untuk berkarir adalah halal. Akan tetapi jika suami tidak mengijinkan sang istri untuk bekerja, maka hukum wanita karir baginya haram. Karena seorang istri harus mematuhi apa yang dikatakan oleh sang suami.


            Rasulullah SAW memang tidak melarang Khodijah untuk berkarir. Akan tetapi urusan yang berhubungan dengan keluar rumah rasulullah SAW lah yang mengurusinya dengan bimbingan Khodijah. Karena diluar rumah banyak setan-setan yang kemungkinan bisa  menggoda iman Khodijah. Untuk itu bagi istri yang berkarir diluar rumah harus bisa menjaga imannya agar rumah tangganya tidak goyah dan tidak lupa akan kodratnya sebagai seorang ibu. Selain itu, dia juga harus bisa membagi waktu antara waktu untuk keluarga dan waktu untuk bekerja. Jangan sampai waktu untuk keluarga terbuang hanya karena sebuah pekerjaan. Dengan begitu urusan rumah tangganya bisa berjalan lancar dan anak-anaknya bisa mendapatkan kasih sayang yang cukup sehingga bisa menjadi anak yang cerdas nan sholeh/sholeha.  

0 comments:

Post a Comment